dr. Akmal Jawardi menjadi narasumber dalam Bincang Pagi di Radio Swara Subulussalam Edisi ke 10

Kategori : Pemerintahan Senin, 22 Mei 2017

dr. Akmal Jawardi menjadi narasumber dalam Bincang Pagi di Radio Swara Subulussalam Edisi ke 10

Laporan Jurnalis Diskominfo Kota Subulussalam-www.diskominfo.subulussalamkota.go.id, Subulussalam

Senin (22/5) Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kota Subulussalam, dr. Akmal Jawardi hadir sebagai narasumber Bincang Pagi di Radio Swara Subulussalam  Edisi ke 10  dengan pemandu acara Dedy Husaini, isu-isu yang disampaiakan narasumber berkaitan seputar pemberdayaan perempuan, perlindungan anak dan pembangunan keluarga mencuat dalam paparan beliau selama kurang lebih 60 menit .

Akmal menjelaskan tentang betapa pentingnya meningkatkan kualitas keluarga melalui program KB, mengingat merencanakan jumlah anggota keluarga itu sejalan dengan merencanakan masa depan yang lebih berkualitas. Dia juga mengajak supaya semua pihak, lintas sektoral, stakeholder terkait memperhatikan hak perempuan dan anak. Hak perempuan itu diantaranya dalam pekerjaan, kesehatan, pendidikan dan sebagainya. Persamaan gender juga harus menjadi perhatian mengingat kaum perempuan itu sama dengan kaum pria. Selain perempuan menurutnya juga anak-anak memiliki hak yang perlu diperhatikan seperti hak untuk bermain, hak mendapatkan pendidikan, hak mendapatkan status kebangsaan ketika lahir, akses kesehatan, hak mendapatkan makanan, hak kesejahtreaan dan lainnya. Saat ini menurut beliau Dinas yang dipimpinnya sudah banyak melaksanakan program-program baik daerah maupun pusat, diantaranya adalah menangani permasalahan kekerasan perempuan dan anak di kota Subulussalam, mencegah perdanganan manusia, serta mengurangi kesenjangan ekonomi.

Selain itu Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan anak dan KB Kota Subulussalam sudah membentuk kampung KB di Kecamatan Longkib. Rencana untuk program KB rencana 2017 akan dibentuk 4 Desa lagi mewakili masing-masing kecamatan, diharapkan Rampung 2017 ini semua, ujar dr. Akmal. Menurutnya Program Kampung KB, merupakan salah satu agenda strategis Pemerintah, di lapangan telah memperlihatkan fakta bahwa sebagian Kampung KB yang sudah dicanangkan Pemerintah mulai menunjukkan hasil positif , Kampung KB diharapkan harus mampu menunjukan perubahan positif di masyarakat. Kampung KB harus mampu menjadi contoh perwujudan gotong-royong integrasi berbagai program pemerintah. Adapun program daerah yang sudah dilaksanakan adalah layanan pengaduan dan pendampingan klien melalui kegiatan P2TP2A, pemberdayaan ekonomi perempuan melalui bantuan pelatihan/keterampilan usaha, pembentukan dan pemberdayaan forum anak tingkat Kota Subulussalam. penjaringan dan pelayanan aseptor KB metode MKJP, Kegiatan BKR melalui seleksi pusat informasi dan konseling remaja (PIK-R) se Kota Subulussalam, Pelayanan KB keliling dalam wilayah kota Subulussalam, Peringatan hari Keluarga Nasional ( Harganas), tutur dr. Amal. 

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32